Kamis, Agustus 14, 2008

Keuntungan Mengendalikan Emosi

Hal yang sangat menguntungkan jika anda pandai mengelola emosi, anda akan sehat baik fisik maupun mental. Kalau anda terlatih, stress dan segala macam penyakit ini akan menjauh dari kehidupan anda.

Kerjaan menumpuk, dikejar deadline, ditambah lagi dengan berbagai urusan pribadi, merupakan penyebab emosi anda tak terkendali. Berbagai persoalan tersebut membuat kepala anda seperti dihantam palu godam yang amat berat. Ujung-ujungnya anda mau teriak, marah, menangis atau bahkan mengamuk.

Tapi tahukah anda ? Emosi yang tak terkendali hanya akan merugikan diri sendiri. Selain menyebabkan energi anda terkuras, anda akan dicap tidak kuat mental dan tidak dewasa. Makanya jika anda digelayuti berbagai masalah, jangan hanyut dalam emosi. Lebih baik anda coba tenangkan diri dengan menarik nafas dalam-dalam. Dan berpikirlah dengan rileks !

Memang tidak mudah sih, tapi kalau pandai mengelola dan mengendalikan emosi, anda akan merasakan manfaatnya. Apakah manfaatnya itu ?

Orang-orang yang terlatih mengendalikan emosi umumnya tidak pernah panik dalam menghadapi situasi apapun. Hal ini tentu cukup mempengaruhi kualitas kerja anda. Karena jika anda bekerja dalam keadaan emosi yang tidak stabil membuka peluang besar untuk melakukan kesalahan fatal.

Emosi yang terkendali dengan baik, dapat meningkatkan rasa PEDE anda. Dengan emosi yang terjaga, anda lebih mudah melakukan tugas apapun dengan lebih baik. Anda yakin apapun yang akan anda hadapi dapat diselesaikan semaksimal mungkin. Hal ini secara otomatis akan menambah rasa percaya diri anda. Dan tentu saja hal ini sangat diperlukan dalam dunia kerja bukan ?

Selain itu emosi yang berlebihan akan menguras habis seluruh energi anda. Lebih dari kegiatan fisik yang anda dilakukan. Karena emosi umumnya membuat pikiran anda meledak-ledak dan tanpa disadari membuat gerakan anda tak terkendali. Nah emosi yang terkendali akan menghemat energi anda. Sehingga anda tidak mudah lelah dan selalu siap dengan aktivitas sehari-hari.

Hal yang sangat menguntungkan lainnya, jika anda pandai mengelola dan mengendalikan emosi, anda akan sehat baik fisik maupun mental. Coba saja anda lihat orang-orang yang sering dilanda emosi banyak dihinggapi penyakit. Selain penyakit mental seperti stress dan depresi, mereka juga dijangkiti penyakit fisik yang cukup berat seperti hipertensi, alergi, maag, migrain dan lain-lain.

Nah kalau anda terlatih mengendalikan emosi, stress dan segala macam penyakit ini akan menjauh dari kehidupan anda. Pikiran dan fisik andapun lebih sehat. Lagipula kesehatan sangat penting untuk membangun karir.

Dengan segala keuntungan mengendalikan emosi, dengan sendirinya akan melancarkan segala aktivitas anda. Baik aktivitas pribadi maupun karir. Nah, mulailah sekarang belajar mengendalikan emosi... !